Selasa, 15 Januari 2019

Diet? Biar Sehat. Langsing? Itu Bonus



Apa resolusi kamu untuk tahun 2019? Jangan-jangan resolusi di tahun 2018 juga belum tercapai nih. Buat kamu yang punya resolusi hidup sehat tentu engga asing lagi dong dengan beauty healthy lifestyle influencer yang satu ini, yap. Yulia Baltschun. Jebolan Top 3 Materchef Season 4 sukses merekomendasikan metode diet yang banyak berhasil nih buat kawula muda. Doski sering banget ngasih tips baik di Instagram maupun di channel Youtube nya untuk memulai hidup sehat terutama buat para pemula ataupun yang menengah. Diet menurut Yulia bukan berarti berhenti makan loh! Dari pada keliru terus, mending kita simak dulu nih metode diet yang seperti apa sih yang efektif membuat tubuh makin sehat sekaligus menurunkan berat badan? Hihi.

  • Intermitten Fasting

Hayo ngaku pola makan kamu udah teratur belum?. Sebelum memulai diet alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu jadwal makan masing-masing. Buat apaan sih? Tentu buat perhitungan untuk Intermitten Fasting.

Intermitten Fasting adalah diet puasa dimana kamu bisa mengatur pola makanmu sendiri dengan cara berpuasa makan selama beberapa waktu. Namun tetap boleh mengkonsumsi minuman (tidak berkalori tentunya!). Metode ini lebih ke mengatur kebiasaan makan kamu.

Kalau kamu ingat Om Deddy Corbuzier beliau pernah membawakan kampanye OCD, atau istilah lainnya intermitten fasting. Diet puasa ini tidak mengatur makanan apa yang harus dikurangi atau apa yang harus dikonsumsi, namun lebih mengatur kapan harus makan dan kapan berhenti makan alias ‘puasa’. Meskipun begitu, biasanya metode ini menganjurkan 16 jam lho, namun kalau kamu merasa keberatan kamu bisa atur waktunya sendiri asalkan disiplin. Canggih!

  • Defisit Kalori

Tubuh kita membutuhkan kalori untuk dijadikan energi. Tetapi kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Hal ini bisa karena faktor usia, jenis kelamin dan dan aktifitas fisik yang dijalanin sehari-hari. Jika dikonsumsi berlebihan kalori akan disimpan di dalam tubuh sebagai lemak dan membuat berat badan naik. Defisit kalori ialah metode mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Ketika tubuh sudah terbiasa dengan intermittent fasting, langkah selanjutnya ialah defisit kalori agar tubuh kita terbiasa memecah lemak simpanan dari kalori sebelumnya untuk dijadikan energi.

Sebaiknya kamu konsultasikan ke dokter gizi seberapa banyak kalori yang tubuhmu perlukan?. Kemudian kamu hanya memangkasnya sedikit saja. Dengan defisit kalori ringan sebenarnya kamu juga sedang menjaga tubuhmu dari penyakit berbahaya seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan kolestrol.

  • Olahraga

Intermittent fasting udah, defisit kalori yes, tahap selanjutnya adalah olahraga. Pada dasarnya olahraga merupakan kegiatan yang bisa membakar kalori yang tersimpan sebagai lemak di dalam tubuh. Olahraga akan menguatkan otot dan tulang dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga membakar lemak jauh lebih efektif. Tanpa olahraga tubuhmu malah kehilangan massa otot dan tulang. Selain itu, olahraga sangat berperan penting untuk kebugaran fisik dan jiwamu. Karena tak sedikit orang yang stress dan kurang tidur dalam kesehariannya. Olahraga dipercaya mampu menurunkan kedua permasalahan itu loh. Menurut sejumlah penelitian, stress dan kurang tidur bisa meningkatkan nafsu makan dan membuat metabolisme tubuh jadi kacau.

  • Budayakan membaca

Yulia Baltschun kurang banyak apa dalam membagikan seluruh ilmu-ilmu yang doski tau untuk kita-kita? Asalkan kita rajin mengecek dan membaca postingannya di instagram yang membuat kita semakin melek dan sadar akan beberapa hal yang masih keliru. Engga cuma postingannya, kamu juga bisa cari info dan perluas wawasanmu dimana saja dan kapan saja. Diet jangan asal diet. Engga akan ada ruginya kita banyak membaca. Sudah bertambah sehat, bertambah pintar pula. Nilai plus banget kan tuh?.

Sekali lagi diet bukan hanya engga makan. Atau mengurangi gizi yang diperlukan oleh tubuh karena ketidaktahuan dan kebodohan kita sendiri. Diet merupakan gaya hidup sehat untuk orang-orang cerdas yang sedang memulai investasi kesehatan untuk tubuhnya sendiri. Selama diet jangan lupa tetap minum air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi dan tidak lesu saat beraktifitas. Ciao! 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar