Senin, 14 Januari 2019


Ngaku fans K-Pop? Kamu pasti sering mendengar 10 istilah ini!

Sebagai pecinta K-Pop pastinya engga aneh lagi dong menyisipkan istilah-istilah yang berbau Korea dalam keseharian kamu. Tapi apa istilah yang kamu pakai itu sudah benar penggunaannya? Jangan-jangan selama ini kamu masih keliru? Daripada menyesatkan teman-temanmu coba kita cek dulu 10 istilah berikut ini!


  • Bias

Siapa yang suka ngekhayalin tentang bias nya? Udah pada tau kan ‘Bias’ itu member pilihan yang paling disukai. Saking disukainya bisa dianggap pacar, tunangan, suami/istri bahkan selingkuhan karena bisa jadi tiap fans punya ‘Bias’ lebih dari satu. Ada juga fans yang mengaku punya anak hasil dari ‘Bias’nya lho.

  • Hwaiting

Arti kata dasarnya adalah ‘Fighting’. Kata serapan dari Bahasa Inggris yang ketika orang Korea mengatakannya bunyinya seperti ‘paiting’ atau yang berarti ‘berjuang’.
Jadi kalau kamu mau memberi semangat atau ucapan ‘Do your best’ dalam bahasa Korea, kamu bisa memakai kata ‘Hwaiting’ untuk teman-teman K-popmu.

  • Omo

Apakah kamu tau kalau omo berarti ‘Oh My God’ atau ‘astaga’. Atau buat yang bingung perbedaan antara istilah ‘omo’ dan ‘omona’. Sebenarnya kedua kata tersebut sama saja, bisa kamu pakai untuk mengekpresikan keterkejutan yang membuat kamu shock, omo!

  • Ottokhe?

Pernah dengar istilah ini kan? Ketika temanmu sedang dirundung masalah untuk menunjukan simpati kamu bisa menggunakan istilah ini. Dalam segi bahasa ‘Ottokhe’ berarti ‘bagaimana’?. Selain itu, bisa juga untuk mengatakan kekhawatiran atau pun kebingungan dengan sesuatu.

  • Maknae

Istilah maknae digunakan untuk menyebut Idol member yang berusia paling muda dalam grupnya. Maknae selain berusia lebih muda juga memiliki imej yang polos dan paling menggemaskan dalam sebuah grup. Engga jarang lho, biasanya maknae memiliki kedudukan khusus dan sering dimanjakan oleh para seniornya.

  • Fan Service

Gimana sih rasanya dibuat seneng sama idol sendiri? Nah, tiap idol punya khas kharismanya masing-masing jadi mereka juga punya caranya tersendiri untuk membuat fans bahagia dan histeris saking senangnya. Unch.

  • Sasaeng Fans

Apa kamu terlalu obsesif dengan ‘bias’ mu?. Hati-hati nanti kamu dikategorikan ‘Sasaeng Fans’ oleh teman-teman K-popmu. ‘Sasaeng’ ialah penggemar yang terlalu terobsesif dan kalau mampu dia bakal mengikuti kemana pun ‘bias’nya pergi. Cukup menyeramkan ya? Karena kasus ini melanggar privasi dan tentu dapat diseret ke ranah hukum. Duh ngeri!.

  • Comeback

Comeback adalah istilah ketika idol group kembali mengguncang panggung dengan single baru dan suasana yang baru. Coba saja cek setiap idol grup comeback, mereka menyiapkan hal yang fresh untuk selalu memanjakan visual fansnya. Hal ini tentu untuk membuat fans tetap tertarik kepada grup yang ada.

  • Hiatus

Jangan dulu sedih, hiatus bukan berarti berhenti selamanya. Tapi merupakan bentuk dari ‘berhenti sejenak’ atau vakum dari aktivitasnya di dunia hiburan. Sampai sang idol merasa lebih baik untuk bisa tampil lebih greget di depan fansnya nanti.

  • Multi Fandom

Fandom singkatan dari ‘Fans Kingdom’ yang bisa dibilang sebuah komunitas penggemar. Kalau kamu merasa memiliki banyak ‘bias’ dan bukan dari group yang sama juga lebih dari satu, itu artinya kamu memiliki banyak fandom atau bisa dibilang ‘multi fandom’. Selamat ya!

Kalau kamu sudah merasa tercerahkan, jangan ragu untuk sharing dengan teman-teman K-pop mu biar makin solid. Ciao!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar